Untuk kalian yang mempunyai bisnis jualan barang atau bisinis lain saya mempunyai saran yang bisa kalian pakai untuk mendapatkan uang tambahan melaui internet.
Ya, di artikel ini saya akan membahas cara menapatkaan uang tambahan melalui internet derngan cara berbisnis onlin, cara yang akan saya berikan ad du acara yaitu dengan social media dan dengan blog atau website.
Langsung saja kita ke tutorialnya.
Tutorial Berjualan di Sosial Media
Pilih media sosial yang sesuai dengan target bisnis
Gunakan data pembeli di Halaman Seller Tokopedia bagian statistik toko untuk lihat demografi target seperti jenis kelamin, rentang usia dan domisili pembeli. Dari data tersebut, kamu dapat menyimpulkan media sosial apa yang dipilih oleh target pembelimu.
Posting konten sebanyak 1 kali perhari
Rata-rata waktu pengguna media sosial membuka aplikasinya adalah antara pukul 9.00-12.00. Ada baiknya kamu konsisten unggah konten 1x per hari di jam yang sama.
Pastikan konten yang kamu unggah bervariasi sesuai tujuannya
Media sosial paling banyak digunakan di Indonesia
Berdasarkan riset We Are Social Hootsuite Januari 2019 lalu, pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi. Menurut laporan Digital 2020, inilah urutan media sosial yang paling aktif di Indonesia.
Namun, tidak semua medsos di atas cocok untuk bisnismu, seperti Youtube dengan persentase yang besar tapi memiliki keterbatasan komunikasi dengan calon pembeli sedangkan WhatsApp memiliki keterbatasan dalam menjangkau calon pembeli lebih luas. Maka, media promosi yang tepat digunakan untuk berjualan adalah Facebook, Instagram dan Twitter. Kita bahas detailnya ya!
Facebook adalah salah satu jenis media sosial yang paling powerful. Selain memiliki lebih dari satu milyar pengguna, kamu juga bisa mengupload konten berupa teks, gambar, video dan link. Peran Facebook page tidak hanya sebagai media marketing, tetapi juga sebagai sarana bagi kamu untuk berkomunikasi dengan calon pembeli.
Kekuatan Instagram terdapat pada konten foto dan videonya, maka buatlah konten menampilkan konten gambar dan video berdurasi 60 detik dengan menambah informasi di caption dan #hashtag yang tersedia.
Twitter adalah cara Seller untuk terhubung dengan calon pembeli secara cepat walau dengan konten terbatas, hanya 280 karakter. Peranan Twitter lebih cocok digunakan untuk membagikan informasi terkini seputar bisnismu, update, pertanyaan, polling dan opini kepada calon pembeli dan followers.
Ketiga media sosial ini bisa membantumu mengenalkan produk dan toko lebih luas kepada jutaan pengguna. Jangan merasa kewalahan mengurus sosial media tokomu karena Seller bisa menghubungkan link tokomu di Tokopedia
Cara Mendapatkan Uang Tambahan Melalui Blog atau Website
Diperlukan sebuah strategi pemasaran yang baik untuk membuat sebuah bisnis sukses. Di era digital ini, strategi pemasaran semacam apa yang baik digunakan untuk bisnis? Salah satu jawaban terbaiknya adalah Blog Marketing.
Dewasa ini, memasarkan produk melalui blog sudah menjadi srategi pemasaran yang dianggap cukup jitu di berbagai jenis bisnis, terutama yang berbasis online.
Untuk menggunakan strategi blog marketing dalam memasarkan produk tentu saja Anda membutuhkan alasan yang kuat mengapa strategi ini layak untuk digunakan, bukan?
Mari kita jawab pertanyaan tersebut:
Blog Marketing Akan Menambah Pengunjung Website Anda
Blog bisnis merupakan bagian tak terpisahkan dari strategi pemasaran online.
Dengan kata-kata kunci yang tepat, pengunjung website bisnis Anda akan berkembang pesat. Mengapa demikian?
Apabila konten blog Anda menyelesaikan sebuah masalah yang sering dicari orang di Google, pembaca akan lebih terdorong untuk share artikel Anda.
Semakin banyak artikel Anda di-share di media sosial, semakin tinggi kualitas SEO blog marketing Anda. Ini tentunya akan meningkatkan pengunjung blog Anda secara otomatis.
Kemudian apabila Anda menghubungkan blog ke website bisnis Anda, semakin banyak pula pengunjung yang masuk ke website Anda, bukan?
Blog Marketing Dapat Mengubah Pengunjung Menjadi Pelanggan Potensial
Dengan semakin banyaknya pengunjung ke website, semakin besar juga potensi pelanggan yang akan didapatkan.
Memang tidak 100% pengunjung akan pasti menjadi pelanggan.
Jangan khawatir soal itu, teruslah membuat tulisan dan jangan lupa untuk menempatkan tombol Call-to-Action (seperti membagikan e-book gratis, infografis gratis atau tawaran lainnya) di setiap akhir artikel.
Blog Dapat Membangun Kredibilitas di Pasar Bisnis Anda
Dengan terus membuat tulisan yang bertujuan untuk membantu permasalahan yang dihadapi pelanggan, Anda akan semakin mudah meraih kepercayaan dari mereka.
Jika dilakukan secara konsisten dan efektif, kredibilitas Anda akan semakin kuat di mata konsumen, dan blog Anda akan selalu dijadikan tujuan utama pembaca.
Blog Oleh Dibaca Jutaan Orang
Bukankah akan sayang sekali untuk melewatkan jutaan orang menjadi pelanggan bisnis Anda?
Quicksprout menunjukkan bahwa dari 240 juta blog yang ada setidaknya 329 juta orang yang membaca blog.
Blog tidak mahal atau sehat bagi budget Anda
Pengunjung lebih menyukai blog daripada iklan yang dipajang di Internet. Buktinya menurut infografis Quicksprout, 70% pembaca mengenal produk dari sebuah perusahaan melalui blog, bukan iklan.
Faktanya kuat. Selain itu blog akan meningkatkan konsumen secara organik dan lebih murah. Mengapa?
Ya, karena gratis. Anda tidak perlu menghabiskan budget membeli iklan di Internet untuk mendapatkan konsumen.
Tapi sebenarnya apakah sudah ada cerita sukses dari blog marketing? Tentu saja ada.
Contohnya adalah Wix, yang menyediakan layanan pembuatan web dengan menggunakan HTML5.
Salah satu konten di blog mereka adalah sebuah infografis gratis mengenai sejarah HTML5 (yang tentunya sangat relevan dengan produk yang mereka jual).
Jika diperhatikan secara seksama, infografis tersebut merupakan media bagi Wix untuk memasarkan produk mereka.
Alhasil, banyak pengunjung yang menyatakan ingin membagi konten tersebut secara luas.
Selain itu, konten yang informatif tersebut juga mengundang media-media besar seperti Mashable untuk menjadikannya bahan berita mereka sehingga konten Wix semakin viral.
Berikut adalah potongan infografis yang Wix bagikan melalui blog mereka yang menjadi viral:
Jutaan orang yang telah melihat konten tersebut akan lebih percaya dengan layanan yang disediakan oleh Wix, karena Wix mengerti apa yang mereka lakukan.
Jadi, kunci kesuksesan dalam blog marketing adalah sabar dalam menjalani prosesnya dan sabar dalam menuai hasilnya.
Karena untuk membuat sebuah konten yang bermutu membutuhkan waktu yang cukup lama.
Walaupun dibagikan secara gratis, penting untuk tidak mengabaikan kualitas konten Anda.
Kalau begitu, apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam menulis sebuah blog? Saya jelaskan di bawah ini.
Agar strategi pemasaran melalui blog lebih efektif, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting ini.
1. Tulis Konten Blog yang Beragam
Mengapa? Karena ini dapat meningkatkan traffic. Buatlah berbagai jenis tulisan seperti tulisan “how to”, “list” artikel hingga “feature” artikel yang berbobot.
Ini adalah contoh How-To Post yang menjelaskan cara membuat blog bisnis online dengan langkah praktis.
Dan ini adalah contoh daftar post seputar desain website terbaik dan inspiratif di tahun 2016.
Keberagaman jenis tulisan diyakini penting karena setiap pembaca memiliki kecenderungan yang berbeda dalam membagikan konten-konten tersebut dalam waktu-waktu tertentu.
Artinya, keberagaman tersebut akan sangat bagus untuk dinamika pertumbuhan blog Anda.
2. Kekinian
Untuk menarik pembaca, tentunya Anda tidak ingin menulis post yang membosankan dan ‘jadul’.
Anda ingin menuliskan topik yang sedang hangat dan ramai dibicarakan, karena tujuan Anda adalah menarik sebanyak-banyaknya pembaca, bukan?
Tulislah topik-topik yang sedang hangat diperbincangkan atau terkini, sehingga pembaca tertarik untuk share artikel Anda ke akun media sosial mereka.
Tapi jangan mentang-mentang lagi dibicarakan orang, Anda bisa post artikel apa saja.
Anda harus memikirkan bagaimana tren tersebut bisa menjadi relevan dengan produk atau bisnis Anda.
Carilah hal-hal yang menarik dari tren tersebut, dan karanglah artikel yang akan menjadi viral!
3. Gunakan Headlines yang Menggoda
Headline memiliki peranan yang vital dalam blog marketing karena seringkali headline menjadi penentu dibaca atau tidaknya sebuah blog.
Meskipun isi sebuah tulisan berkualitas, jika headline tidak cukup menarik untuk diklik, maka isi tulisan tersebut akan menjadi percuma.
4. Gunakan Video, Gambar, dan Infografis
Semakin beragam konten visual di dalam sebuah blog, akan semakin menarik bagi berbagai pengunjung untuk membagi konten tersebut.
Beberapa orang menyukai informasi dari video, infografis atau hanya gambar saja.
Oleh karena itu konten visual yang beragam ini akan mengakomodasi pembaca blog Anda yang juga memiliki preferensi yang beragam.
5. Kenali Pembaca Anda
Meneliti pembaca blog Anda merupakan langkah yang krusial dalam menentukan topik sebuah tulisan. Goggle Analytics dapat menjadi tools yang berguna untuk ini.
Dari Google Analytics, Anda bisa melihat umur, jenis kelamin, dan interest dari pembaca Anda:
Informasi ini sangat membantu untuk menentukan jenis tulisan yang cocok untuk pembaca Anda.
Apabila pembaca Anda mayoritas adalah perempuan berumur 35-44 tahun, tentu Anda tidak akan menulis konten tentang automotif bukan?
Tulisan tersebut akan semakin sempurna dan berguna bagi pembaca jika Anda mampu membaca dengan cermat kebutuhan, permasalahan atau concern mereka.
Dengan begitu, loyalitas mereka terhadap produk Anda akan terjaga.
Nah itulah tadi artikel mengenai, Cara mendapatkan uang tambahan melalui jualan online. Sudah banyak orang yang sukses memanfaatkan perkembangan internet untuk menambah untuk bisnis mereka, Anda bisa mulai dari cara yang menurut Anda mudah terlebih dahulu. Hal paling penting adalah anda berani mencoba cara diatas.
0 Post a Comment: